Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

error E2 pada printer canon

Mungkin tidak sedikit dari rekan-rekan pengguna printer canon mengalami error seperti ini. Error E2 ini biasanya muncul pada printer seri Mp145, MP150,MP160. Error ini sebenarnya juga muncul pada printer seri lainnya hanya saja beda indikasi.
Kata lain dari error tersebut adalah "PaperJam" yaitu sebuah kondisi dimana printer mengalami kegagalan pada saat loading kertas. Penyebabnya bisa macam-macam, bisa karena sensor kertasnya patah, ASF (Auto Sheet Feeder) nya bermasalah atau bisa juga karena purge Unitnya (Pompa penyedot tinta) yang bermasalah. Sedangkan untuk penyebabnya bermacam-macam juga.
  1. Karena penarikan kertas pada saat kertas macet, hal ini bisa menyebabkan Roller ASF atau sensor patah.
  2. Tinta yang mengental sehingga Purge Unit terganjal dan tidak bisa bekerja.
Untuk solusinya yang jelas harus dilakukan pembongkaran pada printer tersebut. Jika ada yang patah, mau gak mau harus melakukan penggantian. tetapi jika hanya terganjal tinta yang menggumpal bisa dilakukan pembersihan pada pompanya.
Pada printer selain MP biasanya terdapat indikasi blinking 2x. Untuk lebih jelasnya anda bisa memanfaatkan status monitor untuk mengetahui errornya.

3 comments:

azmi mengatakan...

kalo e5 gimana ya cara beresinnya

siomyn mengatakan...

@azmi e5 merupakan indikasi dimana printer tdk dapat mendeteksi keberadaan cartridge, bisa dari cartridge nya bisa juga dari printernya, coba saja di bersihkan konektor antara cartridge dan carriage (dudukan cartridge) dengan alkohol dan kain halus.. jika tdk bisa kemungkinan besar cartridgenya yang harus ganti.

Anonim mengatakan...

printer sy M-145 masalah nya, persis seperti diatas sobat jelaskan, dn sy bw ke tmpt servis printer dn kemudan di cek
sm tenisinya , ternyata ada benda yg menganjal,ternyata cuman sepele, setelah didervis dn sy bw plg kembali, sesampai di rmh sy hidupkan kembali, dn pesan E2 kemali tampil, betapa keselnya sy, akhirnya sy putuskan untuk mebongkarnya sendiri dn sy teliti kembali di penarikan krtsnya toh ternyata tdk ada benda mengganjal, dn pada saat saya membongkarnya sy melihat di sebelah kanan ada selang pembuangan tinta maka sy buatkan pembuangan tinta menjadi pembuangan keluar dgn cara menyambung slang tsb dn kemudian sy psg kembali kesinya ternyata bukan malah menyelesekan masalah, tepi msengkin menambah mslh ..., printer sy tdk bisa ber oprasi...sama sekali.tdk mau loding... tlg pencerahannya sobat.....ini almt ym saya
: zidanecell@ymail.com