Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

Menghindari cepatnya error waste ink full pada printer Canon

Pesan Waste Ink Full pasti muncul pada printer canon yang menggunakan technologi inkjet. Jadi setiap pengguna Printer, khususnya printer canon pasti mengalami error message sepeti ini. Kenapa error itu muncul ?
Hal ini dikarenakan Busa penyerap tinta yang ada pada printer tersebut telah penuh. Busa tersebut berfungsi menampung tinta bekas yang digunakan pada saat printer melakukan cleaning head. Busa tersebut berada tepat di bottom cover dari sebuah printer sehingga jika ingin menggantinya, kita harus membongkar seluruh printer. Untuk cara menanggulangi tentu tidak akan saya beberkan disini mengingat hal itu adalah rahasia perusahaan dalam hal ini rahasia Authorized Service Center (ASC) Canon. Tetapi mungkin disitus lain bisa anda temukan. Tetapi bagaimanakah tips dan trik nya supaya Waste Ink Full tidak cepat muncul. Mengingat busa penyerap tinta di gunakan pada saat cleaning, maka hindari lah cleaning head dengan cara :
  1. Pada saat printer dihidupkan, kurangi atau hindari seringnya membuka dan menutup cover printer. Karena pada saat cover di buka maka Printer akan secara otomatis mendeteksi ada penggantian ink. Sehingga saat ditutup kembali dan digunakan untuk Printing maka priter secara otomatis akan melakukan cleaning.
  2. Seandainya anda menggunkan printer untuk kantor, jangan terlalu sering mematikan dan menghidupkan printer,karena saat pertama kali dihidupkan printer akan melakukan cleaning head yang secara otomatis busa penampung tinta akan cepat penuh dan pesan waste ink full pun akan cepat muncul.
  3. Lakukan cleaning manual seperlunya saja. Jika hasil print cacat lihat dulu secara fisik,apakah tintanya habis,apakah ink tank masih bagus, jika keduanya sudah dicek dan masih dalam keadaan bagus baru anda lakukan cleaning.

0 comments: