Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

Mengatasi tinta tidak keluar pada printer

Tinta tidak keluar merupakan masalah utama yang sering dikeluhkan oleh pengguna printer. Jika anda datang ke service center, maka recomendasi adalah mengganti head/cartridge dengan yang Original (jika itu memang cartridge nya).
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika kita menemukan kejadian seperti ini.
Pertama, silahkan di cek dahulu kondisi head / cartridge. Yang perlu diperhatikan adalah kondisi secara fisik, terbakar, cacat atau tidak. Silahkan cek dengan teliti, karena ada beberapa cacat yang mungkin tidak terlihat jika tidak kita perhatikan dengan seksama. Jika memang ada cacat, bisa dipastikan (60%). mainboardnya juga bermasalah. Hal ini karena terjadi konsleting pada sirkuit di headnya sehingga mempengaruhi mainboard.
Jika tidak terdapat cacat maka masuk langkah kedua.

Kedua, jika head atau cartridge memang bisa dipastikan tidak ada masalah, maka kita perlu melakukan check pada penyedot tinta atau purge unit nya. Ada beberapa point yang perlu diperhatikan. Pertama Rubber Gap , kedua pompa dan yang ketiga Gear. Untuk rubber gap, biasanya cacat karena tergores atau dimakan serangga atau tikus. Hal ini bisa kita teliti secara fisik, dengan merapa struktur gap, apakah masih mulus atau tidak. Pompa bisa bermasalah karena ada seal yang lepas/rusak atau bisa juga karena memang sudah lemah, untuk beberapa tipe printer bisa di lihat secara fisik. Sedangkan untuk gear, kita bisa lihat secara fisik apakah sudah cacat atau belum.
Ketiga, melakukan check up pada mainboard, mau tidak mau harus ke service center. Mainboard jarang sekali bermasalah jika memang tidak ada penyebabnya. Dan dalam hal ini penyebab nya biasanya adalah head yang terbakar.
Ok , segitu dulu, semoga bermanfaat ..

0 comments: