Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

Zekr, Membaca al-qur'an di Linux

Mungkin agak telat gue review tentang software ini. Mengingat bulan Ramadhan tahun ini sudah memasuki hari yang ke 26, yang artinya sebentar lagi kita akan meninggalkan bulan Ramadhan. Tetapi membaca Al-qur'an kan tidak hanya pada waktu Ramadhan.. jadi tidak ada salahnya gue coba tulis sekarang (he2 ..)
Bagi kita umat Muslim, tentu tidak asing dengan yang namanya Al-qur'an, karena Alqur'an merupakan kitab suci bagi kita umat islam. Jika rekan-rekan bertanya kepada Google "Al-qur'an Digital", akan banyak sekali temuan-temuan link sotfware untuk download Al-qur'an digital. Hanya saja kebanyakan software tersebut hanya bisa digunakan bagi anda yang menggunakan System Operasi Windows. Bagi kita yang menggunakan Linux jangan khawatir, ada kok software yang bisa kita install di mesin Linux kita.
Zekr, merupakan salah satunya (apa ada yang lain gue sendiri gak begitu tahu). Lama tidak ngikutin perkembangan software ini ternyata sudah keluar versi terbaru yaitu versi 0.7.1. Bisa di download disini. Terakhir saya install versi 0.5. Banyak perubahan yang dilakukan pada versi terbaru ini, diantaranya adalah adanya fitur baru yaitu Recitation (pembacaan) secara offline (mungkin di versi sebelum 0.7.1 sudah ada hanya saja gue installnya dari 0.5 langsung ke 0.7.1). Fitur inilah yang dari dulu saya cari-cari. Ternyata pada versi terbaru sudah ada. Setelah melakukan installasi dan mencoba offline Recitation nya, jempol 5 gue kasih ke zekr kah..kah..kah...
Awesome pokoknya ...
Oia .. untuk cara install zekr sendiri rekan-rekan bisa merujuk pada website ini karena lebih lengkap. Dan untuk mengaktifkan offline Recitation nya rekan-rekan bisa merujuk pada website ini.




0 comments: