Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

PG dan CL series keluar asap

Ini pengalaman gw waktu pertama kali membongkar printer Canon seri IP1600 (seri pertama yang menggunakan PG dan CL). Setelah gw bongkar dan servis, maka gw coba hidupkan printernya. Maka secara otomatis printer akan melakukan cleaning printhead. Tetapi beberapa saat gw terkejut karena dari cartridge nya keluar asap sehingga secara reflek gw pun langsung mencabut kabel powernya. Kemudian gw buka cartridge yang masih terpasang secara paksa. Setelah keduanya gw lepas gw perhatiin.. gak ada yang terbakar .. gw coba cek pada komponen lainnya, dan semuanya baik-baik saja.
Gw coba pasang lagi dan setelah gw idupin ternyata gak ada yang error (biasanya kalo cartridge nya kebakar, printer akan error atau bahkan mati, cat), gw coba perhatiin baik-baik.. dan ternyata terjadi lagi. Keluar asap dari cartridge nya. Namun kali ini gw gak langsung cabut kabel powernya. Setelah gw perhatiin ternyata itu bukan asap, tetapi uap tinta yang keluar dari cartridge. Kenapa sampai keluar seperti itu ?? Hal ini disebabkan karena banyaknya nozzle pada cartridge dan juga semburan tinta yang banyak dari cartridge. Hal ini juga yang kada menyebabkan daerah sekitar penyedot tinta (purge unit) jadi kotor.