Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

nge-Print lembar kedua lambat

Permasalahan ini sebenarnya sudah lama ada. Dan beberapa tipe printer canon pernah mengalami hal ini. Untuk penyebab pastinya saya pribadi tidak begitu tahu. Hanya saja yang jelas ada perubahan dalam konfigurasi di EEPROM-nya. Sama seperti perubahan yang terjadi dalam konfigurasi printhead alignment. Jika dalam printhead alignment akan mengalami perubahan jika kita melepas printhead dari printernya. Tetapi jangan panik dulu untuk mengatasinya cukup mudah kok. Berikut ulasannya.

Pada jaman dahulu kala (waduh malah kayak dongeng) maksudnya jaman-jaman nya printer s200sp permasalahan ini sering banget muncul. Tetapi untuk printer tipe terbaru jarang banget terjadi bahkan bisa dikatakan tidak pernah terjadi. Kasus terakhir yang saya temui adalah pada IP1880 dan itupun baru sekali itu.
Masalah sebenarnya hanyalah pada drying time nya. Dimana waktu tunggu dari lembar pertama sampai lembar kedua di tentukan. Untuk melakukan setting konfigurasi nya kita bisa masuk kedalam printer propertisnya. Setelah itu pilih pada tab maintenance. Seperti pada gambar berikut.



Dalam tab menu tersebut cari pada custom. Maka akan muncul dialog box kecil seperti gambar diatas. Settingan dari pabrik adalah defaults. sedangkan anda bisa menyetingnya sendiri. Jika anda geser ke kanan brarti waktu tunggu semakin lama. Jika anda geser kekiri maka waktu tunggu semakin cepat , tetapi ingat jika waktu tunggu terlalu cepat kadang hasilnya akan kotor. Hal ini dikarenakan tinta pada lembar pertama belum kering benar.
Cara tersebut hanya bisa digunakan jika kita menggunakan windows, unutk pengguna linux mau gak mau harus di reset EEPROM di service center .. :D

0 comments: