Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

Install ulang grub di Ubuntu

Barusan ada temen yang habis upgrade HD notebook nya menjadi 100 giga. Karena tidak ingin kehilangan data yang lama maka HD pun di ghost menggunakan BartPE. Option pada ghost menggunakan -ial.Proses ghost berjalan dengan mulus dan lancar tanpa ada aral yang melintang. he2 .. Dan akhirnya notebook pun di pake buat boot. tetapi apa yang terjadi ?? Hanya ada tulisan GRUB dilayar. Ubuntu macet di awal perjalanan. Akhirnya coba boot pake live CD dan dicoba install ulang grubnya. Dan akhirnya berhasil juga. Sempet lupa caranya he2.. akhirnya browsing sebentar ketemu. Nah daripada lupa mending tak tulis aja diblog, siapa tahu nanti butuh lagi.. berikut step by step nya.


Langkah pertama adalah boot memakai LiveCD. Usahakan memakai LiveCD yang kernelnya sama dengan Ubuntu yang kita install karena jika tidak akan ada error pas berpindah ke system hardisk.
Setelah boot memakai memakai LiveCD masuk ke konsole menggunakan alt+ctrl+f1. Setelah itu kita perlu membuat mounting Hardisk dan mounting folder proc dan dev. Berikut perintahnya :

# mkdir /mnt/root
# mount -t ext3 /dev/sdX /mnt/root
# mount -t proc none /mnt/root/proc
# mount -o bind /dev /mnt/root/dev


Partisi di Hardisk sudah di mount. Untuk sdX adalah partisi linux anda pada Hardisk. Anda bisa mengetahuinya dengan perintah sudo fsdisk -l.
Setelah itu kita masuk ke system di hardisk dengan perintah :

# chroot /mnt/root /bin/bash


Dengan perintah diatas kita sudah masuk ke system hardisk yang grubnya akan kita install ulang. Selanjutnya kuta masuk ke Grub dari system.

# sudo grub


maka akan tampil

grub>


Langkah selanjutnya adalah mencari bootloder tempat kita akan meninstall grub.

grub> find /boot/grub/stage1
grub> (hd0,x)


X biasanya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan partisi tenpat install Linux juga berbeda.

grub> root (hd0,x)
grub> setup (hd0)

Selesai, restart komputer dan grub pun sudah terinstall, maka ubuntu pun akan berjalan lagi. Emang nya orang berjalan .. maksudnya bisa tampil lagi .. he2.. duh susah , pokoknya bisa digunakan lagi lah ..

0 comments: