Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

Canon LIDE 25 di Ubuntu

Dipameran KingKomp kemaren di JEC sempat ada yang menanyakan scanner canon yang bisa digunakan di Linux khususnya Ubuntu. Saya belum bisa jawab karena saya sendiri jarang melakukan eksperimen scanner di mesin ubuntu saya. Saya merekomendasikan Printer multifungsi MP145 yang pernah saya install di Ubuntu dan berjalan dengan baik, baik printer maupun scannernya. Tetapi akhirnya sayapun tertarik untuk mencoba scanner canon. Dan akhirnya saya mencoba scanner LIDE 25. Ternyata support kok , dan bisa berjalan dengan mulus tanpa perlu installasi karena di ubuntu 8.04 (sudah saya update ke 8.10 sekarang) sudah auto detek. Hanya tinggal menjalankan Xsane Image Scanner dan scannernya sudah di load secara otomatis.
Hanya saja ada beberapa kelemahan pada OCR nya. Bukannya tidak bisa hanya saja hasilnya kurang memuaskan. Sebelum menggunakan OCR anda perlu menambahkan software gocr pada mesin ubuntu anda. caranya :
sudo apt-get install gocr

tetapi maaf jika hasilnya kurang memuaskan ..

0 comments: