Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

PgR Technology pada printer Canon

PgR : Menjamin kualitas cetak Tetap bagus bahkan di Kertas biasa
Itulah headline yang ada di majalah infokomputer edisi september 2008. Disitu diterangkan apa itu PgR dan bagaimana cara kerjanya. Memang selama ini jika kita ingin mencetak foto maka kita juga harus menggunakan kertas khusus dalam hal ini kertas foto. dan hal tersebut tentu akan menambah pengeluaran kita. Salah satu langkah untuk menjawab pertanyaan ini sudah dilakukan yaitu dengan di luncurkannya teknologi PgR.
PgR adalah technology terbaru yang diaplikasikan pada printer canon, yang mampu meningkatkan kualitas cetak bahkan di kertas biasa sekalipun. Hal ini sudah dibuktikan oleh infokomputer dari ujicoba yang mereka lakukan (saya sendiri belum pernah mencoba nya he2..). PGR kepanjangan dari Pigment Reaction. Prinsip kerja akan coba saya review disini dan untuk hasilnya silahkan anda mencobanya sendiri.
Berikut ini adalah proses pencetakan menggunakan PgR :
  1. Ketika ada perintah ada perintah pencetakan, sebelum kertas ditarik,printer akan mengalirkan tinta bening mengisi sebuah wadah yang bersentuhan dengan rol transfer.
  2. Ketika rol transfer berputar, tinta bening akan melapisi seluruh permukaan rol transfer.
  3. Ketika kertas melewatinya, rol lalu mentransfer lapisan tinta bening dipermukaannya ke permukaan kertas. Dengan demikian, diatas kertas terbentuk lapisan tipis tunta bening.
  4. Kertas lalu bergerak ke area dibawah head yang menyemburkan tinta pigmen ke permukaan kertas yang sebelumnya telah dilapisi tinta bening.
  5. Terjadi reaksi antara tinta bening dan tinta pigmen yang menghasilkan kualitas cetak bagus pada kertas biasa.

Saya hanya mencoba menebak, lapisan tinta tersebut mungkin bisa menggantikan lapisan halus pada kertas foto. Hmmm .. tapi tintanya boros gak ya .. he2 .. Tapi sayangnya teknologi ini baru diterapkan pada printer Multifunction MX7600 yang harganya saya sendiri belum ada info nya. Mudah2an kedepannya akan diaplikasikan juga di printer2 low end dan medium.

0 comments: