Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

MX308 / MX318



Kali ini saya akan mencoba mereview seri lain dari Printer canon untuk kelas Multifungsi. Seri MX308 dan MX318 adalah produk multifungsi terbaru dari Canon untuk kelas menengah. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari pendahulunya yaitu MP145 dimana untuk seri MX308/MX318 ada tambahan Faximili dan Direct Print dari kamera (PictBrigde). Bukan hanya itu saja Untuk seri MX jenis ini juga dilengkapi dengan Display 2 line di Panel Unitnya.



Print

Untuk printing dengan fast mode kedua printer ini bisa mencetak 22ppm(B/W) dan 17ppm(color). Resolusi maksimal 4800x1200 dpi jika kita mencetak foto dengan kertas foto maka hasilnya tidak akan kalah dengan studio foto, dan dengan teknologi FINE Cartridge, kualitas cetak printer ini di garansi bisa bertahan 100 tahun.Printer ini juga bisa mencetak full tanpa tepi (True Boedelless Print) mulai ukuran 4x6” / 5x7” dan ukuran A4. Untuk cartridgenya, include memakai PG40 dan CL41 dan optional nya bisa juga memakai PG830/PG50 dan CL831/CL51.Menggunakan fast mode printer ini mampu melakukan copying sampai 22cpm (B/W) dan 17cpm (color). Ada 3 posisi pilihan kualitas cetak yaitu Fast mode, Standart Mode dan High Mode. Sedangkan untuk Auto Exposurenya (terang-gelap) ada 9 posisi yang bisa kita rubah secara manual. Printer ini juga bisa melakukan Zoom dari 25 % - 400 %. Untuk multiple copy bisa di set dari 1 sampai 99 kali. Printer ini juga bisa melakukan special copy diantaranya Image repeat, 2 on 1 dan 4 on 1.

Scan
Scanning menggunakan Contact Image Sensor (CIS) yang tentu saja akan menghemat daya listrik. Resolusi nya 600 x 1200, sangat cocok untuk scanning image web ataupun foto yang akan dicetak ukuran sedang (A3).

Direct Print
Untuk direct print, seri ini sudah dilengkapi dengan pictbridge sehingga anda bisa melakukan cetak foto langsung dari Camera Digital.

Faximili
Untuk fax sudah support Super G3 fax yaitu fax warna dengan catatan, fax tujuan ataupun fax asal harus suppoer Super G3 juga.
Perbedaan dari 2 printer ini hanya pada scanning unit nya. Untik seri MX318 pada scanning unit nya terdapat Auto Document Feeder (ADF) yang memungkinkan melakukan scanning dan copying untuk ukuran kertas folio/legal. Karena rata-rata Scanner Canon hanya sampai ukuran A4 saja, maka jika anda menginginkan Scaning ataupun copying ukuran kertas folio, anda harus mencari scanner atau copier yang ada fasilitas ADF nya. Untuk perbedaan harga diantara kedua cukup signifikan kurang lebih 200 an ribu.Tetapi kalau saya pribadi lebih prefer ke MX318,etapi kembali ke konsumen, mana yanglebih sesuai.


49 comments:

Anonim mengatakan...

just says, aye punya MX 308, tapi blom dikonekin fax na, kira2 klo pake line wartel bisa ga? trus mo tanya juga, knapa fasilitas scan na cuman ampe A4?

omyn mengatakan...

@anonim >
Untuk pemasangan FAX dengan multifungsi Canon (Seri MP ataupun MX), diagram nya adalah Kabel dari telkom langsung masuk ke Printer melalui port dengan logo L. Baru jika anda menggunakan pesawat telpon, port yang ada gambarnya pesawat telpon dihubungkan ke pesawat telpon. Tidak bisa jika Line dari telkom dipecah menggunakan splitter terlebih dahulu. Untuk wartel jika memungkinkan skema nya bisa seperti itu gak ada masalah. Skemanya kurang lebih seperti dibawah ini.
Schema Fax MX
Kenapa scannernya hanya sampai A4 ?
Sebenarnya bisa sampai ukuran letter. Tetapi untuk alasan kenapa,pastinya saya sendiri kurang tahu. Yang saya tahu semua jenis multifungsi dari canon hanya sampai letter. Untuk A3 sudah masuk kategori Copier.Jika anda menghendaki scanning dan copying ukuran folio, anda bisa menggunakan MX318 yang ada ADF nya.

Semoga bisa membantu

Anonim mengatakan...

apakah MX 318 bisa di isi ulang ink nya?? printer yg sudah2 saya pakai kadang rewel di ink nya jadi boros..

omyn mengatakan...

Semua jenis printer Canon bisa di isi ulang. tetapi ingat Canon Tidak merekomendasikan,jadi resikonya ditanggung customer.Bisa dilihat disini. Kalo infus,selama masih garansi jgn di infus dulu. Soalnya garansinya otomatis hilang.

Anonim mengatakan...

Apakah Fax bisa berfungsi walau tidak terkoneksi dengan PC?

omyn mengatakan...

@Life is Beautiful .. Bisa saja .. Justru kelebihan dari multifunctin akan terlihat jika tanpa PC. Kalau terhubung dengan PC hanya seperti Printer dan Scanner pada umumnya ..

Ridwan mengatakan...

kalo untuk tinta infus canon mx 308. rekomendasi anda yang paling baik dimana??

omyn mengatakan...

@Ridwan sepanjang pengetahuan saya, saya belum pernah tahu ada yang infus MX series. Mungkin karena agak susah he2 .. kalo di daerah Jogja ada banyak kok di daerah gejayan mas .. hampir semua toko komputer melayani infus ..

Anonim mengatakan...

apakah fax yang masuk dapat otomatis langsung dicetak scr otomatis tanpa harus masuk ke meory terlebih dahulu

omyn mengatakan...

@victor .. Fax secara otomatis tercetak jika :
- Printer tidak dalam keadaan bermasalah.
- Tinta tidak habis.
- Kertas telah siap pada paper tray.

Semoga membantu, Jika ada pertanyaan lain mungkin anda bisa post di forum, kita bisa berbagi pengalaman disana ..

Anonim mengatakan...

Hi, saya baru membeli printer MX 308 ini.
Sewaktu saya mencoba mengirim fax dari mesin fax yang lain ke printer MX308, saya tidak mendengar bunyi tuut yang biasanya ada pada mesin fax conventional sebagai pertanda koneksi fax sudah dapat dilakukan.
Mohon dapat dibantu.
Thanks before.

Anonim mengatakan...

gimana sih cara pake faxna untuk mx308, kok sudah terkirim tapi gak da laporannya.

omyn mengatakan...

@anonim
- Untuk fax nya .. jika standalone dia tidak akan ada bip karena memang beda dengan fax pada umunya. Baru jika ada pesawat telpon yang terpasang, maka deringnya sama dengan dering telpon.
- Untuk report ada settingan lagi. Default report hanya " error only" yang artinya report akan di print saat ada error. Hal ini bertujuan supaya tinta lebih irit. Tetapi jika anda menginginkan ada report setelah fax anda bisa masuk melakukan konfigurasi melalui fax setting ..

Anonim mengatakan...

Saya memiliki Canon Mx308 tetapi tidak dapat saya pakai maksimal karena menggunakan Sistem Operasi Ubuntu pada Komputer saya.
Bagaimana caranya mempunyai driver Canon Mx308 untuk SO Ubuntu, download dimana wabsite adress-nya?

Anonim mengatakan...

mau nanya nee mx318 kalau mau fax document nya hadap bawah kaya mesin fax biasa atau hadap atas ?

Anonim mengatakan...

bos klo resetter ink tank fullnya gimana bos????

trus apa cara reset untuk mx308 sama dengan mx 318???

mohon penjelasannya

omyn mengatakan...

@anonim : Unutk setting di ubuntu mohon maaf belum sempet ngoprek neh .. he2
@Nic : klo document lewat ADF menghadap keatas, tetapi klo melalui platen menghadap kebawah
@agung : reset " use ink tank full" /"waste ink full" mx 308 sama dengan mx318 untuk caranya mungkin akan saya post melalui artikel terpisah .. :)

Anonim mengatakan...

saya punya canon mx 308..
yang mw saya tanyakan...
kenapa ya hasil print warna merah n biru
itu gak benar2 cerah warnanya...
apa gara2 saya infus tintanya atau karena tinta
yang saya gunakan tidak bagus...

oya waktu saya test cleaning di perawatan printer warnanya normal kok gak ada yang cacat waktu saya cetak...

Unknown mengatakan...

saya jg punya canon mx308
yang saya tanya kan...
knapa saat saya mau print warna
hasilnya kurang maksimal apa karna tinta dah lama
gak dipake atau tinta infus,
ataupun tinta warna yang ada pada slangnya saat
di Print jalan tinta warnanya macet dan slangnya tidak penuh pada slangnya,
Mohon penjelasanya

omyn mengatakan...

@anonim @chandra : Hasil tidak maksimal biasanya berhubungan dengan cartridge dan tintanya, kalau memang sudah isi ulang atau pakai infus 75% penggunanya mengeluhkan hal yang sama, hasil tidak sempurna, bocor, dan tinta macet. Tips dari saya mungin coba lepas infusnya dan coba di cleaning manual dengan cara ditetesi head cleaner atau di uapin dengan air panas.

Anonim mengatakan...

canon mx 308 saya waste ink tank penuh mohonpencerahannya untuk mereset

pran_brodigan

aswad mengatakan...

canon mx 308 saya waste ink tank penuh mohonpencerahannya untuk mereset, mohon dikirim ke email aswadbanjar@gmail.com

aswad mengatakan...

mohon pencerahan para master printer yang baik dan pinter2, ni gue punya printer MX308 keluar code Eror CHEK PRIBTER 5B00. ( The ink absorber is fuul)

omyn mengatakan...

@aswad @pran_brodigan .. error waste ink full dan 5B00 adalah sama, yaitu penampung tinta bekas nya sudah penuh .. Solusinya hanya dilakukan reset pada EEPROM nya dan melakukan penggantian Busa Penampung Tinta Bekas. Silahkan anda membawanya ke Service center terdekat ..

semoga membantu,

erwe12 mengatakan...

Pagi.. Mau tanya nih..
Apa perbedaan fitur FAX pada MX308 dengan mesin FAX conventional? Karena,,melihat harganya,,koQ yg multifungsi sperti MX 308 lebih murah/gak jaoh beda ama Mesin FAX konvensional.. Trima kasih...

omyn mengatakan...

@erwe12 : Perbedaan yang mencolok adalah gak adanya handset seperti pada mesin FAX Convensional. Perbedaan lainnya ada pada proses cetaknya yang mana seri MX ini menggunakan tinta yang efeknya adalah lebih boros (kecuali pakai Refill he2..). Untuk Fungsi laiinya sama malah ada kelebihan dimana seri MX bisa dihubungkan dengan Komputer dan bisa berfungsi sebagai mesin Print dan Scan.

Unknown mengatakan...

kq saya punya mx308 udah direfill tintanya,tp masih muncul tulisan low ink di LCD dan setiap fax masuk jadinya masuk ke memory....mohon pencerahannya....

omyn mengatakan...

@Nataniel : Untuk low ink warning bisa hilang dengan menggunakan tinta baru original. Jadi jika anda menggunakan refill efek nya seperti itu he2 ..
Sedangkan untuk fax nya ada settingan lagi di FAX - Rx Setting. Temukan menu "Print when no ink" dan ubah menjadi On. Jika masih kesulitan anda bisa call ASC. Untul list nya ada di kartu garansi.

Anonim mengatakan...

berarti MX 318 bisa copy ukuran folio???

Anonim mengatakan...

apa MX 318 bisa untuk foto copy ukuran folio? soalnya saya cari-cari printer scanner (foto copy) yang ukuran folio belum dapat sampai sekarang. harap penjelasannya. terima kasih sebelumnya
NB: harap penjelasannya secepatnya

omyn mengatakan...

Bisa mas ...... untuk semua pertanyaan silahkan layangkan di www.takbiasa.com ..karena beberapa hal saya akan menulis di blog tersebut .. terma kasih

dhanie mengatakan...

cara menggunakan fex mx308 gmn? ko masih belum bisa, aku udah coba tp masih belum bisa... tolong d rinci secara jelas.... thx

omyn mengatakan...

Kalo secara rinci mungkin anda bisa membacanya di manual atau kalo masih bingung bisa kontak ke service center terdekat

aang mengatakan...

gimana cara mengatasi ink absorber pada mx 308?? mohon penjelasannya.trims

siomyn mengatakan...

yang jelas harus ganti Penampung tinta (absorber) dan untuk itu harus bongkar tuh printer, selain itu kita juga harus melakukan reset pada EEPROM nya.

Anonim mengatakan...

gimana cara setting kertas untuk terima fax dengan ukuran folio? krn setting di paper size nya cuman sampai A4.trima kasih

omyn mengatakan...

@anonim : coba cari ukuran 8.5 x 14 ..

Unknown mengatakan...

mas minta bantuan x, printer canon mx308 tinta yg baru tdk bisa deteks, jd pd saat ngeprint ada peringatan ink blank x low, q ngisinya pakai tinta blu print tapi ngga' kedeteks. tlong pencerahanya, tks.

omyn mengatakan...

@Mohammad Itu sudah brapa kali isi ulang ya ? klo baru pertama kali bisa di Pencet tombol "Stop/Reset" selama 5 detik. Jika indikator ink nya tetap habis/empty, abaikan saja.

Cinta Terpendam mengatakan...

sya mau tnya sya pnya printer MX318,cartridge nya bcor,trus sya perbaiki,dan si busanya sya bersihkn,pertnyaan sya adlah,apkah ga brpngaruh ke komponen crtridge nya????terima kasih.

omyn mengatakan...

Busa di printer atau busa di cartridge ? Kalo busa di printer tidak pengaruh, kalo yang di cartridge secara tidak langsung pengaruh ..

Ajeng Anggraini mengatakan...

kwkwkww..maaf ya mas
gini mas..untuk tipe MX dalam keadaan tinta low..td masa bilang jGn diabaikan...itu emang bisa..tp dalam keadaan untuk FAX, tinta low tidak akan bisa berfungsi...
cara yG benar mangatasi nya dengan cara reset agar tinta kembali dalam keadaan NormaL :
cara na:
1. Matikan Printer.
2. Hidupkan printer sambil tahan tombol power, tekan reset 2 kali.
3. printer dalam keadaan sllipp mode..tekan 2 kali ke arah kanan, sehingga posisi dalam keadaan mode 3.
4. tekan ok...cleaning, tekan ok lagi.
5. buka cartried, matikan printer.
6. hidupkan printer, pasang cartried kembali...
sukses.......
emang untuk tipe MX canon tergolong sulit...(banyak maunya)

omyn mengatakan...

@ajeng Jika tinta dalam keadaan low atau sudah di isi ulang Fax tidak akan berfungsi walaupun untuk print bisa, tetapi bisa di atasi dengan mengaktifkan fungsi "Print when no ink *On" pada RX settingnya.

Anonim mengatakan...

saya baru beli printer mx308, tapi warna merahnya tidak keluar seperti yang saya inginkan , berupa jadi warna orange.

Tolong donk pencerahannya....

omyn mengatakan...

@anonim, sudah di refill belum? jika belum mungkin coba di cek nozzle nya, apakah warnanya sesuai apa tidak, ada kemungkinan di cartridge kalo ndak di MB, harus compare.

sonny mengatakan...

saya punya mx 308 saya hubungkan dengan ekstensi PABX lalu saya kirim ke fax teman yang berupa ekstension PABX juga. tapi kok ngak bisa ngirim-ngirim.padahal sudah saya masukkan ekstensi tujuan

omyn mengatakan...

@anonim: Sebenarnya agak susah sih kalo pake PABX, karena kita harus menyesuaikan waktu dialnya. Mungkin bisa dicoba dengan menambahkan tanda pager (#) sebanyak waktu tunggu nya --> ekst###nomortujuan misal : 9###0274555255

Unknown mengatakan...

bos,kenapa printer canon mx 377 saya setelah isi ulang mengalami masalah seperti ini chack ink black,nah bagai mana cara mengatasinya mohon bantuan

Unknown mengatakan...

Canon mx 318 saya ngeprin bisa tapi copy ga ada hasilnya/polos, bagaimana solusinya bos?
Terima kasih sebelumnya