Canon Products Reviews M.B.L Communities [ View | Join ]

Canon LBP1120 on Linux

Dikantor saya untuk printer sharing nya menggunakan dua buah printer laser, untuk karyawan menggunakan Canon LBP1120 dan untuk bigbos menggunakan printer laser LBP3000. Karena saya pake Linux (Ubuntu) sayapun harus mencoba cari tutorial ,Gimana ya supaya bisa melakukan printing dengan Printer itu. Akhirnya dapet juga, malahan dalam bentuk video. Saya belum bisa cek drivernya di canon-asia dot com soalnya saya juga lupa dapet drivernya dari mana tetapi ada kok di internet he2.. Coba aja search dengan keyword nama filenya. Yang kita butuhkan adalah 2 file berikut :
- cndrvcups-capt-1.30-3.1.i586.rpm
- cndrvcups-common-1.30-3.1.i586.rpm
Kalo ada yang dot deb malah lebih bagus. Saya dapatnya kemaren yang rpm jadi harus convert dulu deh dengan alien.
Setelah mendapatkan filenya, lakukan installasinya, biasa, dengan double klik pada file nya he2 .. m$ bangetss..
Setelah dua file terinstall ada beberapa langkah yang harus dilakukan lagi.

$ sudo /etc/init.d/cupsys stop
$ sudo /etc/init.d/cupsys start
$ sudo mkdir /var/ccpd
$ sudo mkdir /var/captmon
$ sudo mkfifo /var/ccpd/fifo0
$ sudo chmod 777 /var/ccpd/fifo0

Karena printernya network saya melakukan add printer melalui System -> Administration -> Printing. Tetapi jika printernya lokal, ya tinggal colokin printernya kemudian ubuntu akan mendeteksi sendiri keberadaan printernya. Jika masih belum terdeteksi, jangan lupa hidupkan powernya he2..
Akhirnya bisa juga melakukan printing dengan printer Laser.
Oia . berikut daftar printer canon LBP yang bisa disupport Ubuntu saat kita melakukan instalasi driver diatas :
- LBP1120
- LBP1210
- LBP2900
- LBP3000
- LBP3200
- LBP3210
- LBP3300
- LBP3600
- LBP5000


0 comments: